Rabu, 27 Mei 2009

Me-Revolusi Cara Belajar? Mengapa Tidak!

Ditulis pada Maret 12, 2009 oleh lrcdbe

Siswa diajak terjun langsung bakti sosial "Bencana Banjir Bengawan Solo" di Desa Medalem, Kec. Cepu, Kab. Blora, 2 Februari 2009.

Saat ini dunia berubah sangat cepat, sumber-sumber informasi sudah tidak berada di tangan guru atau satu lembaga saja yang bernama “Sekolah”. Siswa kita, pada saat sekarang ini dapat belajar lewat internet, perpustakaan pribadi, TV, Museum, di hutan, di rumah ataupun saat mereka berkumpul bersama teman-temannya. Tugas guru di era Cyberspace, selain memberikan berbagai alat belajar, juga memotivasi siswa untuk mencari ilmu di luar kelas. Hal yang penting dapat dilakukan guru adalah mencoba mencari kaitan antara mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Metode CONTEXTUAL Teaching and Learning (CTL) akan efektif dapat diterapkan , jika guru juga menguasai Brain Based Learning (BBL). CTL dan BBL adalah konsep ampuh yang dapat menggerakkan proses pendidikan di sekolah menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. CTL dapat mendekatkan siswa pada dunia nyata lewat sebuah mata pelajaran. Dan BBL dapat menjadikan siswa dapat memilih cara belajar yang cocok dengan kecerdasan dirinya.

Kedua metode belajar-mengajar ini apabila dipadukan akan membuahkan out put pendidikan yang luar biasa.
Sumber: www.apakabarpsbg.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar