Rabu, 27 Mei 2009

Pendidikan: Kurikulum = Microsoft? Cape deehh….

Oleh: Adi Wirawan
Teach to Learn, Learn to share
22 Januari 2008

Menjelang US tahun lalu salah satu sekolah yang kami bantu proses instalasi jaringannya saya beri bonus free instalasi LTSP server dengan ubuntu.
Meski senang, dan cukup sering digunakan beliau mengatakan masih menngajarkan siswanya aplikasi berbasis microsoft. “biar sesuai kurikulum” ujarnya.
Salah satu rekan pengajar TIK, di sekolah semester lalu masih menggunakan LKS berbasis Microsoft meski lab sekolah telah bermigrasi ke linux (K12LTSP berbasis Fedora Core 5), “Biar sesuai dengan kurikulum” argumennya.
Klimaksnya saat LKS semester genap ini datang, Saya menolak LKS mata pelajaran TIK karena tidak relevan dengan yang dipraktekkan di LAB, Meski berusaha defensif tapi adu argumentasi berlanjut hingga penelaahan Silabus KTSP 2006. Kesimpulannya, materi yang diberikan pada semester genap kelas 8 adalah spreedsheet.
Tanpa maksud mencari siapa yang harus disalahkan dalam miss persepsi ini, saya melihat superioritas Microsoft di dunia pendidikan begitu kuat. Fanistisme microsoftmania mungkin hampir seperti agama bagi sebagian mereka. Takut di cap “murtad” barangkali kalau pindah platform .
Sebagai newbie di dunia linux berhadapan dengan karakter seperti ini salah salah kita terdorong agar sama fanatik-nya dengan mereka. Kalau keberpihakan terhadap perangkat lunak yang kita pilih tidak lagi didasari nilai pakai dan nilai ekonomi maka secara harfiah kita telah memenjarakan logika dan akal sehat dan tetap menggenggam keyakinan bahwa yang biasa kita pakai adalah yang terbaik dan yang tidak pernah atau baru dicoba beberapa saat sebaiknya ditinggalkan.
Ini tentu tidak adil, tidak adil bagi diri kita sendiri, tidak adil bagi OS kompetitor yang sudah dicap “tidak sesuai kurikulum” dan tidak adil terhadap siswa-siswi yang berhak tahu bahwa sebenernya ada pilihan buat mereka.

Sumber:
http:\blog-evaluasi\Pendidikan Kurikulum = Microsoft Cape deehh…. « Adi Wirawan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar